Pemerintahan Desa Selorejo Rt/w 009/003 - Kecamatan Dau ( 65151) - Kabupaten Malang - Jawa Timur - Indonesia ----------- BLOG DALAM PROSES PENGEMBANGAN

Desa Selorejo

Desa Selorejo - Desa Wisata Selorejo yaang berada di kecamatan Dau, kabupaten Malang, merupakan sebuah desa nyaman yang mengandung ratusan potensi wisata alam nan indah. Desa Selorejo berada pada daerah Kabupaten Malang bagian utara, dengan desa Gading Kulon sebagai batas Utara, desa Tegalweru sebagai batas Timur, batas sebelah selatan desa Petung Sewu, batas sebelah barat adalah Hutan.

Secara astronomis desa Selorejo terletak pada 7°56'16.50"S lintang selatan dan 112°32'38.93"T bujur timur. Lokasinya lebih kurang 30,8 km (1 Jam) dari ibukota kabupaten dan 3 km (7 Menit) dengan kota kecamatan terdekat.

Jumlah penduduk 4.069 jiwa, terdiri dari 2.038 L dan 2.031 P. Luas wilayah untuk pemukiman kurang lebih 39,8 ha, area perkebunan seluas 238,277 ha, area persawahan 6,7 ha, area hutan lindung 1383,8 ha, area hutan produksi 675,1 ha, area hutan rakyat 7,8 ha, yang terdiri dari jenis tanah pertanian, ladang, serta ternak. Pertanian vital pada desa ini adalah petani Jeruk. Sekitar ada 4 jenis Jeruk yang terdapat di desa ini. Bahkan jeruk Selorejo dalam aspek kemanisan dan kandungan gizi sangat baik sekali. Sedangkan peternakan, sapi, kambing, lele, ayam menjadi daya tarik tersendiri pada desa ini.

Luas area hutan sendiri 2068,1 ha yang tersebar mengelilingi desa tersebut. Perkembangan selanjutnya yakni jumlah area luas dari bangunan baik perkantoran maupun sarana rekreasi terdapat sejumlah 26, 6 ha.

Topografi desa Selorejo tergolong daerah dataran tinggi atau perbukitan dengan luas perbukitan mencapai 333, 76 ha. Diperkirakan ketinggian desa ini ± 800 – 1200 dpl (dari permukaan laut) dikarenakan daerah ini merupakan pegunungan , sehingga daerah ini memiliki tingkat curah hujan yakni 1300 mm/tahun dan juga tingkat kesuburan tanah 100 %.

Desa ini terkenal dengan sebutan "Desa Wisata" dikarenakan ratusan potensi wisata alam yang dikandungnya. Wisata "Petik Jeruk" dan wisata perkemahan "Bedengan" merupakan wisata andalan daerah ini. Selain itu terdapat wisata religi, area circuit "cross" dan air terjun yang tidak kalah menarik.

Selorejo selain terkenal dengan hasil jeruknya, desa ini juga terkenal desa yang sangat ramah. orang-orang pada desa ini mudah tersenyum atau biasa disebut "sumeh". Keramahan inilah yang menjadi pelayanan dan wisata sosial yang sangat mahal dan merupakan kharisma tersendiri desa Selorejo. Selain itu juga, pemandangan alami nan asri dan suguhan-suguhan selimut hijau senantiasa terpancar dalam tiap langkah menapakkan kaki.